:: Try To Think Creatively [ T3C ] ::

  • 01:28:33 pm on March 25, 2012 | 0
    Tags:


    Contoh Aplikasi GIS

     

    Aplikasi GIS merupakan jenis atau macam dari implementasi GIS dalam macam bidang dengan cakupan yang luas. Beberapa aplikasi GIS bidang yang penulis maksud adalah Bisnis, Transportasi, Politik, Perbankan & Keuangan, Perpajakan & Pertanahan, Jurnalistik & Reportase, Periklanan, Sensus & Statistik, Pariwisata dan Penentuan Lokasi Rawan Bencana.

     

    Dari beberapa macam bidang aplikasi GIS penulis akan mencoba memaparkan jenis aplikasi GIS bidang Sensus dan Statistik. Bidang Sensus dan Statistik di Indonesia Tahun 2010, dimana dalam sensus dan statistiks tersebut dapat menampilkan informasi seperti dibawah ini :

    Jumlah dan Distribusi Penduduk (Persentase Penduduk Perkotaan, Persentase Penduduk Perdesaan, Kepadatan penduduk dan Laju Pertumbuhan Penduduk).

    Jenis Kelamin Penduduk (Penduduk laki-laki, Penduduk perempuan, Seks Rasio Perkotaan dan Seks Rasio Perdesaan).

    Umur Penduduk (Singulate Mean Age at Marriage (SMAM) laki-laki, Singulate Mean Age at Marriage (SMAM) perempuan, Rasio ketergantungan penduduk perkotaan dan Rasio ketergantungan penduduk perdesaan).

    Penduduk Migran Risen (Migran masuk risen, Migran risen di perkotaan, Migran risen di perdesaan dan Seks rasio migran risen).

    Penduduk Migran Seumur Hidup (Migran masuk seumur hidup, Migran seumur hidup di perkotaan, Migran seumur hidup di perdesaan dan Seks rasio migran seumur hidup).

    Pendidikan (Penduduk 7-15 tahun yang tidak/belum pernah sekolah, Penduduk 7-15 tahun yang tidak sekolah lagi, Penduduk 5 tahun keatas minimal tamat SMP/sederajat dan AMH penduduk 15 tahun keatas).

    Jumlah Angkatan Kerja Mencapai 107,7 Juta Jiwa (Angkatan kerja laki-laki, Angkatan kerja perempuan, Angkatan kerja perkotaan dan Angkatan kerja perdesaan).

    Perumahan Penduduk Indonesia (Rumah tangga menempati rumah milik sendiri, Rumah tangga yang memiliki sertipikat hak milik, Rumah Tangga yang memiliki luas lantai perkapita ≥ 13 m2 dan Penerangan dengan Listrik).

    Berikut contoh tampilan Sensus Penduduk 2010 di Provinsi DKI Jakarta –> Jumlah dan Distribusi Penduduk –> Penduduk Menurut Wilayah, Daerah Perkotaan/Perdesaan, dan Jenis Kelamin.

    Sensus Penduduk Tabel

     

    Sensus Penduduk Grafik

     

    Sensus Penduduk Peta

    Sensus Lainnya :

    [1] India : http://goo.gl/5xM5L

    [2] Singapore : http://goo.gl/JNAOT

     

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: