:: Try To Think Creatively [ T3C ] ::

  • 11:50:20 pm on November 27, 2011 | 0
    Tags:


    Agama dan Masyarakat ( Perkawinan Berbeda Agama )

     

    Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam budaya dan agama yang berbeda-beda. Masyarakat Indonesia memiliki lapisan hukum atau aturan yang berlapis baik secara formal atau non-formal, hal ini dapat dilihat dari aturan budaya dari masing-masing etnis, aturan hukum pemerintah dan aturan agama.

    Ketika bicara tentang perkawinan berbeda agama pada jaman sekarang ini bukanlah sesuatu hal tabu atau sesuatu yang baru. Banyak kita temui orang menikah dengan berbeda agama atas dasar “cinta” atau “saling mengasihi satu sama lain”. Yang menjadi pertanyaan besar adalah … Apakah Agama, hukum atau budaya memperbolehkan perkawinan berbeda agama ?

    Jika kita perhatikan orang yang menikah berbeda agama secara kehidupan sosial kita tidak bisa mengatakan bahwa menikah dengan berbeda agama tidak akan bahagia tetapi jika dengan sesama agama maka akan bahagia atau menikah dengan berbeda agama maka kemungkinan akan sering terjadi perceraian dan sebaliknya jika pernikahan dengan sesama agama maka tidak akan terjadi perceraian. Dua hal tersebut dalam fakta kehidupan sehari-hari tidak ada jaminan yang menyatakan lebih baik jika menikah dengan agama yang sama dan tidak baik jika menikah dengan agama yang berbeda atau sebaliknya.

     

    Dalam konteks ini kita akan melihat aturan tentang perkawinan berbeda agama dari pandangan agama ( Islam dan Kristen ) dan hukum.

    Dari segi ajaran Agama Islam tentang pekawinan berbeda agama yaitu : Bahwa Perkawinan beda agama adalah haram dan tidak sah dan Perkawinan laki-laki muslim dengan wanita Ahlu Kitab, menurut qaul mu’tamad, adalah haram dan tidak sah.

    [1] http://www.mui.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=97:perkawinan-beda-agama&catid=25:fatwa-majelis-ulama-indonesia&Itemid=37

    Dari segi ajaran Agama Kristen tentang perkawinan berbeda agama yaitu : Pernikahan beda agama harus ditolak, karena bertentangan dengan tujuan pernikahan kristiani untuk menciptakan keluarga kristiani dengan suami sebagai kepala keluarga dan Kristus sebagai kepala jemaat (suami) dan Pernikahan beda agama harus ditolak, karena secara prinsip tidak mungkin seseorang dengan kedewasaan rohani (dalam konteks ini) memilih untuk menikah dengan orang yang beda imannya.

    [2] http://www.gki-pregolan.org/index.php?option=com_content&task=view&id=228&Itemid=53

     

    Dari segi hukum yang berlaku di Indonesia tentang perkawinan berbeda agama yaitu : menurut UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan berbeda agama berdasarkan ketentuan dalam Pasal 2 UUP adalah Apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayannya. Dalam penjelasan pasal 2 ayat (1) dinyatakan bahwa tidak ada perkawinan di luar hukum agamanya dan kepercayaannya itu dan Perkawinan tersebut dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ketentuan mengenai pencatatan perkawinan diatur lebih lanjut dengan PP No. 9Tahun 1975 tentang Pelaksanaan UU No. 1 Tahun 1974 (“PP No. 9/1975”). Apabila perkawinan dilakukan oleh orang Islam maka pencatatan dilakukan oleh pegawai pencatat sebagaimana dimaksud dalam UU No. 32 Tahun 1954. Sedangkan, bagi mereka yang melangsungkan perkawinan menurut agama dan kepercayaannya di luar agama Islam, maka pencatatan dilakukan pada Kantor Catatan Sipil (lihat Pasal 2 PP No. 9/1975).

    [3] http://www.gkjw.web.id/kawin-beda-agama-mengapa-tidak

    [4] http://hukumonline.com/klinik/detail/cl290

     

    Kita dapat menyimpulkan bahwa :

    [1]. Dari ajaran Agama ( Islam dan Kristen) menolak dan tidak sah jika terjadi perkawinan berbeda agama

    [2] Dari segi hukum di Indonesia secara implisit belum diatur dengan jelas tentang perkawinan berbeda agama

     

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: